Jumat, 06 Maret 2015

Pantai Cicalobak Garut


Pertama kali menyambangi tempat ini memang terkesan lengang dan sepi, hanya beberapa orang saja yang tampak sedang berenang. namun keadaan itulah yang membuat saya betah berlama-lama di pantai ini, terasa tenang dan damai. hanya suara angin dan ombak saja yang sampai ke telinga.



terletak di Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Pantai ini terletak dipinggir jalur Trans Jabar selatan diantara jalur Pameungpeuk dan Rancabuaya. nampak sangat indah dan mempesona saat anda melihat pantai ini dari atas jalan.


Nampak pada foto di atas jalan setapak yang hanya bisa di lalui kendaraan beroda dua saja, karena pantai ini posisinya agak masuk dan turun dari jalan utama pameungpeuk-Rancabuaya. Di turunan pertama memang tampak jalan lebih diperlebar dan sedang dalam perbaikan.







Pantai Cicalobak terhampar diantara karang pada sisi kanan dan kirinya, pada bagian tengah cekungan pantai terdapat hamparan pasir yang tidak terlalu luas namun tetap dapat memanjakan mata saat memijakan kaki diatasnya.



Tampak pemandangan Pantai dari posisi atas jalan depan warung yang terdapat bale (saung) tempat beristirahat.




Terdapat beberapa Saung (tempat beristirahat) di tepian pantai, bisa digunakan sebagai tempat anda menyantap hidangan perbekalan ataupun untuk sekedar ngopi ngopi, akses jalan kebawah hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, adapun untuk mobil atau kendaraan besar lainnya bisa diparkir di sebelah kiri bahu jalan. Di atas terdapat sebuah warung yang telah tersedia juga bale-bale bambu dengan pemandangan langsung ke bawah pantai ini.





Secara infrastruktur memang belum dijumpai sarana dan prasarana yang memadai di pantai ini, hanya bangunan yang tampak di atas saja yang telah dibangun. namun nampak juga tiang-tiang lampu penerangan di lokasi. Untuk masuk ke pantai ini tidak perlu bayar alias gratis. Petunjuk arah Pantai ini ada di Pintu masuk tepat di pinggir jalan trans Jabar Selatan. Untuk parkir, mobil atau motor bisa diparkirkan di dekat pintu masuk yang banyak warung-warung penduduk. Dari tempat parkir tinggal jalan kaki ke pantai Cicalobak karena dekat sekali. Dipantai ini tidak ada penginapan,kebanyakan pengunjung ke pantai ini adalah mereka yang melintas maupun yang berwisata di jalur Pameungpeuk-Rancabuaya. Kalopun mau menginap, bisa di Pantai Rancabuaya yang jaraknya tidak terlalu jauh ke pantai ini.Pantai ini tepat diantara taman Manalusu dan Puncak Guha, momen terbaik untuk bisa menikmati pantai ini ketika sore hari. Senja sore di pantai Cicalobak ini sangat begitu indah, memanjakan mata. Bisa melihat matahari terbenam di ufuk barat. Semoga saja, potensi yang luar biasa indahnya yang dimiliki Pantai Cicalobak di kecamatan Mekarmukti ini mendapat perhatian dari Pemkab Garut maupun Pemprov Jabar untuk dikembangkan. Bisa jadi destinasi wisata unggulan.


Pantai Cicalobak menghadap langsung ke samudera hindia, besarnya ombak yang menghempas ke tepian terhalang karang sehingga sampai di cekungan muaranya terlihat tampak tenang, nampak ketenangan para wisatawan yang sedang memanjakan diri berenang disana sambil bercanda gurau.



LOKASI

Pantai Cicalobak berjarak lebih kurang 28KM dari Pameungpeuk ke arah Rancabuaya tepatnya diantara Puncak Guha dan Taman Manalusu. Dari arah Garut kota lebih kurang berjarak seratusan kilometer via Cikajang-Pameungpeuk-Cikelet-Cicalobak. Akses jalan terbilang cukup nyaman untuk dilalui, karena sudah banyak perbaikan dari pemerintah setempat, jalan yang cukup lebar dan relatif sepi kendaraan semakin memanjakan mata melihat alam sekitar.


Unknown Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar