Selasa, 19 April 2011

Bahaya Listrik Statis Bagi PC



Apakah listrik statis ?
Listrik statis adalah akumulasi muatan listrik dalam suatu objek.

Apa itu ESD ?
Electrostatic discharge (ESD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transfer listrik statis dari satu objek ke yang lain .

Listrik statis berbahaya bagi komponen PC ,jika berpindah ke komponen dalam jumlah yang cukup .
Tubuh Anda mengandung muatan listrik statis ketika anda ,misalnya menggosok bagian tubuh Anda terhadap suatu objek wol atau saat menginjak karpet dengan memakai kaos kaki .
Saat kelembaban rendah ,tubuh Anda menjadi lebih mudah untuk mengisi dan menyimpan energi listrik statis ,sedangkan saat kelembaban tinggi pengalihan listrik statis dari tubuh Anda ke udara lebih mudah .

Petir sebenarnya adalah listrik statis yang berpindah dalam jumlah yang besar ,yang disebabkan oleh pergerakan elektron dalam atom dari molekul air di awan .Saat gedung pencakar langit cukup dekat dengan awan ,muatan statis segera berpindah ke titik itu karena awan telah membangun muatan negatif yang kuat akibat mendapat elektron ,sedangkan pencakar langitnya yang memiliki muatan positif ,menarik muatan statis turun .

Mengapa saya harus peduli tentang listrik statis ?
Saat beraktivitas disekitar PC Anda ,Anda beresiko besar merusak komponen Anda dengan ESD tanpa menyadarinya .Pelepasan muatan serendah 200 volt (anda tidak bisa merasakan yang ditransfer) dapat menghancurkan sebuah chip PC .Saat anda merasakan sengatan ketika menyentuh komponen logam di dalam PC Anda ,kemungkinan listrik statis berpindah dari Anda ke sirkuit yang Anda sentuh Tegangan listrik di rumah kan 220V ,seharusnya tidak masalah kan ?
Komponen PC Anda yang sensitif seperti Processor ,harddisk ,memori ,chip mobo dan VGA card bisa rusak parah .Sengatan rendah listrik statis ke PC Anda mungkin tidak langsung terlihat dampaknya ,tapi setelah jangka waktu tertentu PC Anda mulai sering hang atau sulit mencapai nilai OC tertentu yang dapat dengan mudah dicapai PC dengan spek yang sama.

Bagaimana mencegahnya ?
Cara mencegah membangun listrik statis pada tubuh Anda adalah dengan menggroundkan diri Anda .
Cara termudah adalah dengan memakai gelang anti-statis di tangan ,dan mencantelkannya di casing (yang terbuat dari logam) / benda logam lainnya ,sehingga setiap listrik statis yang Anda hasilkan segera dialirkan ke bumi.
Cara lainnya :
Jangan memakai pakaian wol atau nilon
Jangan memakai kaus kaki
Jangan berdiri di atas karpet sambil bekerja dengan PC Anda
Jauhkan pakaian Anda dari komponen
Gunakan anti static glove

Pastikan Anda tidak bergerak banyak sebelum bekerja dengan PC Anda ,dan pastikan Anda tidak    menggosok pakaian Anda dengan tubuh .
Groundkan diri sebelum bekerja dengan PC Anda dengan memakai gelang anti-statis atau menyentuh benda logam sesering mungkin .
Saat bekerja dengan PC Anda ,cobalah agar salah satu bagian tubuh selalu menyentuh casing .
Lindungi komponen anda dengan kantong anti-statis ketika mereka tidak terpasang .
Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh benda logam /sirkuit /chip pada komponen anda seperti pin motherboard dan prosesor
Pegang komponen pada bagian tepi di mana tidak ada sirkuit .
INGAT UNTUK SELALU MEMATIKAN POWER PC ANDA SEBELUM BEKERJA DENGAN KOMPONEN PC
Unknown Web Developer

1 komentar: